Selasa, 12 November 2013

Analisa Kasus Bertema Pemuda dan Sosialisasi

Nama : Arjuna Ryan Shakti W
NPM  : 21113382
Kelas : 1KB05
 
Mungkin tak pernah terbayang di benak AQJ atau Dul (13) sebelumnya, jika Minggu dini hari Lancer yang ia kemudikan akan terlibat kecelakaan maut yang menewaskan 6 orang. Berikut kronologi dari kecelakaan yang terjadi di Tol Jagorawi KM 8.

Kecelakaan beruntun antara Lancer, Gran Max dan Avanza, terjadi di KM 8 Tol Jagorawi, terjadi di jalur 3 dan 4 arah Jakarta. Diketahui lima orang tewas dan Dul berada di salah satu mobil yang terlibat kecelakaan mengalami patah tulang. Saat itu polisi memastikan bahwa pengemudi Lancer adalah Dul yang masih dibawah umur. 

Dul sebagai pengemudi lancer kemungkinan bisa dijerat Pasal 310 ayat 4 UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Selain pihak Mitsubishi yang akan diperiksa sebagai saksi ahli dalam kecelakaan maut yang melibatkan Abdul Qodir Jaelani atau Dul (13), polisi juga menjadwalkan memeriksa Ahmad Dhani, ayah kandung Dul.

Argument :
Kita bisa lihat bahwa mirisnya pemuda-pemuda Indonesia anak dibawah umur seperti Dul bisa dengan mudahnya mengendarai mobil sejauh itu tanpa ada pengawasan orang tua. Ini bisa menjadi bukti bahwa peran sosialisasi antar anggota keluarga masih sangat kurang apalagi pada saat usia usia muda yang masih labil dan ingin banyak tau dan penasaran. Disini bisa juga terjadi karena pengaruh-pengaruh media masa dan pengaruh dari lingkungan masyarakat atau teman-temannya sehingga dia bisa menjadi sosok yang seperti itu.
Seharusnya peran anggota keluarga adalah untuk mencegah hal-hal seperti itu dan bisa memberi tahu bahwa mengendarai kendaraan saat dibawah umur itu sangat dilarang dan sangat bahaya walaupun dia sudah ahli dalam mengendarainya. Dan seharusnya ada pembinaan pada generasi muda sehingga mereka tahu apa yang benar dan apa yang salah, inilah yang harus bisa diterapkan di Indonesia kita jangan mencontoh budaya barat yang sangat bebas kita adalah budaya timur yang menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Maka dari itu sekarang saatnya kita untuk berubah menjadi yang lebih baik lagi tinggalkan semua keterpurukan dan membuka lembaran baru untuk generasi muda Indonesia yang lebih maju.

Sumber :
http://news.detik.com/read/2013/09/09/081616/2352793/10/1/ini-kronologi-kecelakaan-beruntun-yang-melibatkan-anak-ahmad-dhani

1 komentar: